Sunday, July 10, 2011

MPASI pertama Vio

Mami Vio sekarang mau cerita soal MPASI pertama Vio....
6 bulan lebih seminggu, Vio mulai MPASI (7 Mei 2011). Kenapa lebih seminggu? tadinya malah mau dilebihin 2 minggu, karena menurut beberapa sumber jangan pas 6 bulan banget, takutnya perutnya belum siap (tp ini tergantung tiap ortu sih..mau pake cara mana). Mami Papi sengaja mulainya pas weekend, soalnya Mami sendiri yang mau suapin Vio pertama kali. Ih...deg2an :D

Menu pertama pake tepung Gasol. Tepung Beras Merah Wangi (gatau apanya yang wangi, rasa n baunya biasa aja cenderung tawar). Tepung ini tuh dari beras merah organik yg udah dijadiin bubuk. Tau produk ini pun karena hasil search blog mama2 yahud. Banyak dijual di OLshop dan toko2 perlengkapan bayi. Mami Vio sih beli di toko langganan Tiara,Bogor. 1 kotak kurang lebih harganya 17-21rb an. Varian rasanya jg banyak banget...ada Beras Coklat, Kedelai, Ubi, Jagung, trus apalagi lupa (brosurnya uda dibuang). Mami sih cuma beli BMW,BC,Kedelai, dan Ubi.
Cara bikinnya pun gampang, tuang bubuknya di panci kecil, kasi air matang, didihkan deh sambil aduk2, nanti akan mengental, trus baru deh tambahin sufor atau ASI. Ini bisa jg dijadikan menu 'nasi' nanti lauknya puree2 buah atau sayur.

Vio ternyata doyan lho BMW ini :D emang sih makan hari pertama ga habis, padahal bikin Gasolnya dikit banget. Mungkin Vio masih bingung sama texture nya. Oiya, Gasol ini haru melewati test uji alergi 3 hari itu yah...Jadi selama 3 hari berturut2 dikasi makan makanan yg sama, trus diliat deh ada tanda2 alergi yg muncul ga.

Selanjutnya menu Vio akan ada buncis, labu parang/kabocha, kentang/ubi, pepaya/pisang, apel/pir. Semuanya dijadiin puree, kecuali pisang yg langsung dikerok aja. Resep2 puree nya akan menyusul.

Oiya, 'peralatan perang' MPASI Vio adalah:

- Panci kukus : Mami Vio beli di Carrefour, tapi karena ga ada yg kecil, jadinya beli yg gede segede bagong -___- PR banget deh nyucinya.

- Panci biasa : Mami Vio beli di giant (30rb), ini buat masak bubur atau bikin kaldu.

- Pigeon homemade set : 1 set peralatan buat bikin MPASI, ada saringan, parutan, ulekan kayu, peresan jeruk. Ini sih kalau mau beli terpisah2 juga bisa. Tapi Mami beli biar ga kegabung sama yg untuk Papi Mami pake sehari2. harganya kurang lebih 160rb.

- Talenan dan pisau : talenan ada 2 buat sayur dan buah sama buat daging dipisah. Sejauh ini sih baru kepake yg buat sayur n buah. Pisau jg sebenernya mesti 2.

- Akebono lunch set : ini mami beli biar kalo bawa2 puree Vio ke Jelambar bisa awet. Dan kalo mau bawa makanan Vio yg udah jadi juga awet hangatnya. Jadi lunchbox set ini bisa tahan panas dan dingin. Harganya 140rb an.

- 1 set piring makan,gelas,sendok Pigeon : kalo ini sih dapet dari kado :) kalo di toko2 sih sekitar 100rb an. Udah dapet training cup (dengan berbagai 'kepala' gelasnya, piring3 macam, sendok 3 macam)

- Blender : karena Mami dari dulu juga udah punya (dan cuma kepake buat 1x jus melon krn Papi Vio kepengen jus melon) jadi ga perlu beli lagi. Merk Philips. mami pake 2 maca gelas blender, 1 yg untuk buah dan sayur (gelas blendernya yg bentuknya biasa) 1 lagi untuk daging (bentuknya lebih pendek dan kecil)

- Mangkok stainless : buat kukus2

- Takahi slow cooker : baru punya setelah Vio 8 bulan nih, masih blom kepake juga, rencananya mau buat nanti Vio uda bisa makan bubur kasar, sekitar 10 bulan deh nanti. Alat ini kata orang2 sih berguna bgt, tinggal cemplung2 beras, sayur, daging, air kaldu, masaknya dari malem ditinggal sampe pagi, selesai deh :D katanya sih ini senjata buat workingmom kayak Mami Vio ini.. dan masih bisa kepake buat nanti masak2 yg laen setelah Vio gede.

- High chair : merknya lupa apa harganya 400rb an (di toko itu sih ini paling murah). Mami cari yang ada safety belt nya dan mejanya bisa dimaju-mundurin.

- Slabber : biar ga blepotan ke baju, tapi Vio tetep sih blepotan, malah kadang makanannya diobok2 -__-

- Ice cube : penting buat mami2 bekerja yang ga bisa setiap hari buatin makanan fresh. Mami Vio sih lebih milih Vio dikasi makanan beku daripada suster yg bikin, karena Mami ragu sama kebersihannya.

- Wrap palstic : itu tuh plastik tipis yg buat bungkus kedap itu. bisa juga pake plastic clip (gatau sebutannya), buat bungkusin satu2 cube2 puree nya. Lebih bagus lagi kalo diaksih label nama puree nya, karena beberapa puree ada yang warnanya mirip2. Mami Vio pernah salah kasih, maunya kasih pir eh dikasih tahu :p abis sama2 putih sih warnanya. Mami beli yang merk giant harganya 10rb an.

- Plastic box : buat taruh puree2 itu jadi satu. Box nya yang kedap udara yah, biar kalo di freezer ada makanan ato daing mentah lain baunya ga kecampur. Mami Vio beli merk LionStar. versi murmernya dari LocknLock dan Tupperware :D

- Plastik kiloan : ini buat stock kaldu. Karena buat bikin bubur beras nya Vio harus pake kaldu dan perlu agak banyak, jadi langsung deh setelah Mami Vio bikin kaldu dipisah2 jadi beebrapa bungkus. Kalo mami2 laen biasanya pake ice cube juga, jadi terserah aja enaknya gimana.

 





No comments:

Post a Comment