Thursday, June 23, 2011

Bingung2nya emak2 baru

Kalo boleh Mami Vio merangkum hal2 yg dibingungin emak2 baru, hasilnya seperti ini nih :

Caesar /Normal
Sebenernya mau pilih 'jalur kelahiran mana juga terserah...ada yg bilang kalo caesar bukan ibu sepenuhnya. Apapun caranya ayng pasti bayinya itu uda 'dibawa2' ibunya selama 9 bulan 10 hari, makan makanan yang sama, dilahirkan dan dikeluarkan dari perut ibunya, masa iya bukan ibu sepenuhnya? apalagi kalau memang ada masalah kesehatan.

ASI / Sufor
Sebenarnya ASI pastinya semua orang udah tau itu bagus. Dan sampai sekarang pun Mami Vio masih memperjuangkan buat kasih Vio ASIX, walaupun campur dengan sufor. Spertinya itu tergantung keputusan masing2 keluarga yah... emang anak ASIX pasti akan ada 1-2 hal yg lebih baik dari anak sufor, tapi buktinya Mami Vio produk anak sufor merasa baik2 aja :D Sufor yang sama kayak Vio pula S26 :) 
Untungnya Papi Vio juga selalu mendukung...mendukung untuk ASI dan mendukung untuk kasih sufor. Papi Vio emang yahud selalu mendukung Mami Vio dan Vio :D
Dan kalaupun mau kasi sufor, disarankan sih untuk awal2 dibiasakan pakai cup feeder atau sendok.
Yg gambar pertama alatnya emang rada mahal kurang lebih 150rb. Yg cup itu cuma 5rb aja :)

  
Ini  juga membantu supaya anak nantinya cepat belajar minum dari gelas dan ga asing lagi sama sendok. Terbukti sih, Vio pas dikasi puyer atau pas mulai MPASI ga takut sendok lagi. Vio juga sekarang suka minum langsung dari gelas Papi Mami Vio :)

Kepala atau ubun2 bayi berkerak
Jangan kuatir kalo liat kepala anak baru lahir samapi beberapa bulan ke depan kepalanya berkerak, ini normal. Menurut yang pernah Mami Vio baca itu bekas2 cairan dari perut ibu. Ada mitos kalau ibunya rajin minum air kelapa hijau jadi bersih. Entah bener atau nggak tapi terjadi sama Vio, karena Mami vio rajin minum air kelapa, Vio lahirnya bersih. Jadi jangan sekali2 para ibu iseng dikorek2 atau dikasih2 lotion atau baby oil, nantinya akan hilang sendiri kog.

Tali pusar
Nah kalau yang ini memang kalau dilihat agak serem, sisa tali pusar menggantung2 di perut anak. Tapi pas diajarin suster cara merawat dan membersihkannya ternyata ga serem2 amat. Cepet/tidaknya tali pusar puput/copot beda2 tiap anak ada yg 3 hari aja udah copot. Yang penting selalu bersihin dengan alkohol dan tutup dengan kasa bersih yang kering diganti 3x sehari. Yang masih bingung, tali pusar disimpan buat apa yah? Kalo Mami Vio sih buat kenang2an aja :)

Gumoh
Nama lain dari muntah pada anak bayi. Maklum mereka belum tau cara menelan yg baik. Jadi kadang abis nyusu mereka muntah/gumoh. Atau kadang tanpa sebab mereka gumoh. Kalo gumoh, jangan dibiarkan anak di posisi terlentang, langsung miringin badannya. Jangan juga langsung digendong berdiri gitu. Emang sih Mami Vio dulu refleks langsung digendong berdiri, sebenarnya itu salah, karena takutnya cairannya langsung balik ke paru2.

Napas berbunyi
Mami Vio sempet panik juga nih waktu denger napas Vio bunyi, tapi setelah baca2 ternyata itu wajar. Mami Vio lupa alasannya apa :) Sekarang sih Vio tidur udah ga bunyi kog napasnya.

Alergi
Banyak kasus nih berkaitan dengan alergi. Banyak anak yang alergi sama makanan tertentu. Umumnya sea food dan telur. Ada juga yang alergi susu sapi. Alergi ini sebenarnya bersifat turunan. Jadi kalau orang tua nya ada alergi kemungkinan besa anaknya pun begitu. Papi Mami Vio juga abru tau kalo alergi itu ga hanya makanan, tapi juga termasuk alergi debu dan udara. Papi Mami Vio alergi debu, alergi dingin/pagi juga, jadi tiap pagi kita pilek2. Moga2 Vio ga ada alergi yang terlalu parah. Sejauh ini Vio ga ada alergi makanan. Menurut beberapa sumber ada makanan2 yg ga boleh dikasih ke anak pada usia2 tertentu. Contohnya kuning telur dikasi ke anak 8 bulan keatas, dairy food di usia akhir 8 bulan, madu harus udah 1 tahun ke atas, brokoli di usia 8 bulan, susu UHT untuk anak usia 1 tahun ke atas.

Hmmm...kayaknya itu dulu deh :) sebenernya sih namanya emak2 pastiii adaaa aja bingung2nya...namanya jg baru pernah jd emak2 ya :p


(nge blog macam apa ini Mami Vio semua ceritanya separo2)

5 comments:

  1. waduh level na lom sampe ke sini sih! tapi info2 na bermanfaat suatu hari nanti wakakaka :)

    ReplyDelete
  2. pit : iyaaa..buat bekal tahun depan kannn :p hihihihihihihi

    ReplyDelete
  3. pusingggg baca nya, tar gua klo dah jadi lgsg berguru ke apartmen aja ya hehehhe

    ReplyDelete
  4. @mei : hahaha sipp...tinggal ngesot kan dari rumah lo :D

    ReplyDelete