Wednesday, May 30, 2012

Popay Montessori Kelapa Gading

Popay Montessori Kelapa Gading adalah sekolah yg pertama kali Vio coba. Owner nya adalah Miss Linda dan Cicinya (upss lupa namanya, maaf miss Linda). Dan Vio dikasih kesempatan trial 2x, karena biar bisa terlihat Vio betah atau ga dan vio sudah bisa sejauh mana.


Sebelum ini Mami Vio pernah ikut seminar yg diadakan sekolah ini jauh sebelum Vio lahir, tepatnya pas hamil 7 bulan. Jadi Mami Vio emang udah jatuh cinta sama metode pendidikan ini dan bertekad kalau bisa Vio sekolah di Montessori. Untuk lebih jelasnya seperti apa Montessori itu Mami Vio pernah bahas sekilas disini. Dan untuk lengkapnya bisa dilihat langsung di web nya Popay Montessori disini.


Hari pertama trial, Vio dapet yg jadwal agak siang yaitu jam 9.30-11.00. Karena Mami Vio tahu kalau di sekolah ini selalu tepat waktu dan Mami Vio memang ga biasa terlambat dan jalanan Jakarta susah ditebak maka Mami Vio sengaja berangkat 2 jam sebelumnya. Sempat deg-degan Vio bisa disuru bangun pagi ga dan sarapan dulu, untung semua lancar. Dan ternyataaaa Mami Vio dateng kepagian, 45 menit aja udah sampai. Huiii lebih cepet daripada Mami Vio kalo kerja yg bisa hampir 2 jam!


Karena pernah kesini sebelumnya jadi sudah cukup familiar dengan lingkungannya. Lokasinya di deretan ruko dibawah apartment Mediterania Gading. Sayangnya Mami Vio sepanjang trial ga sempat foto2, udah sibuk temenin Vio :( jadi Mami Vio ambil beberapa foto dari web nya Popay Montessori deh.
Lobby nya yg cukup luas (sepertinya hampir 1 ruko sendiri deh) dan bersih bikin suasana welcome banget. Setiap pagi selalu ada Miss yang sambut anak2 turun dari mobil dan bantu mereka ambil tas. Jadi dipastikan aman yah anak2 kita karena ga mungkin mereka ngakunya sekolah tapi ngabur sebelum sampai depan pintu sekolah :)
Di dindingnya banyak ditempel hasil karya murid2nya. Lucu2 dan bagus2. Ga sangka mereka umur segitu udah bisa bikin gambar2 sedemikian rupa.


Masuk ke dalam terlihat deretan rak sepatu untuk dewasa dan untuk para murid. Yup di sini baik ortu, guru, dan murid2 harus lepas sepatu. Kalau untuk ortu dan guru pakai sendal yg disediakan mereka. Tapi untuk murid2 biasanya diharapkan bawa sendal bersih sendiri atau kaus kaki.


Kelas2nya luas dan bersih (walaupun di kelas nursery lantainya agak ada remah2 tapi wajarlah anak kecil kalo makan kan bececera). Semua kelasnya pintunya tuh pendek, kata Miss Linda ini biar anak2 bisa buka tutup pintu sendiri dan diajarin supaya ga banting pintu. Di setiap kelas ada bak cuci piring tapi pendek2. Lucu banget deh...Vio paling suka spot ini soalnya Vio suka banget cuci tangan. Kalau dilihat dari video yg pernah Miss Linda kasih liat, anak2 disini bisa cuci piring dan gelas sendiri bahkan yg dari beling lho!


Di setiap kelas juga ada rak2 berisi peralatan mengajar dan mainan edukatif. Semua jenisnya tergantung dari tingkatan kelas tersebut. Kalau di kelas Nursery, mainannya beragam dan seru2 banget, hampir semuanya Vio suka, semuanya Vio tunjuk2. Ada mainan dari kayu yg untuk melatih motorik, ada puzzle kayu, puppet (fave Vio), gelas berisi tepung dan ayakan (lucu banget), sapu danpengki kecil, replika kancing dan resleting (ini untuk melatih anak2 belajar pakai baju sendiri), dll. Di depan kelas Nursery ada rak untuk menaruh tas. Terlihat begitu teraturnya sampai semua ada tempat menaruhnya sendiri. Pantes anak2 di sini terlihat rapi danteratur. Selain rak untuk tas ada juga aquarium kecil yg isinya ikan2 kecil, ini jg fave Vio, ada 1 aquarium lagi isinya kura2.


Untuk kelas2 lain yg tingkatannya lebih tinggi juga isinya mirip seperti kelas Nursery hanya lebih luas dan mainannya lebih beragam. ada Mainan untuk melatih berhitung, melatih warna, dll. Di bagian dalam sekolah ada playground yg luas (entah berapa ruko sih sekolah ini). Dan di bagian toilet dan pantry juga sama bersihnya. Toiletnya jg semuanya dibuat rendah. Kloset dan tempat cuci tangannya semua setinggi anak2.


Untuk pelajaranya di hari pertama trial ini (1 kelas ada ga lebih dari 10 orang), begitu masuk (bener2 ontime lho, entah deh yg telat gimana, pas kemaren itu ga ada yg telat samasekali) anak2 nursery ini (yg masih ngacir sana sini) diajak untuk berdoa dulu. Lalu dilanjutkan dengan Brain Gym, tujuannya untuk merangsang saraf2 yang menuju otak. Lucu deh lait anak2 sekecil itu udah bisa ikutin instruksi Miss nya :)
 Lalu lanjut dengan nayanyi2. Setelah nyanyi2 beberepa lagu, anak2 dikasi free time untuk mereka pilih mainan apa yg mau dimainkan. Mereka mainnya harus duduk di kursi dan meja kecil. Vio suka banget nih. Tumben lho anteng duduk di kursi. Vio suka banget main puzzle yg susun2. Miss nya juga bantuin anak2 kalau ada kesulitan.
Sebelum jam 11 Vio uda ribut lapar, untungnya mau dialihkan sama mainan ini itu. Jam 11 masi pengen makan akhirnya Miss memutuskan beralih ke jam makan (duh untung pas jam nya).
Sesi makan, ini yg bikin takjub, anak2 pada rapi duduk di kursi dan makan di meja, plus mereka harus ambil place mate dulu dari tempatnya buat tatakan bekal mereka. Sebelumnya antri cuci tangan dulu. Semua udah bisa makan sendiri, walaupun berantakan dan ada yg pegang sendoknya ajaib :)
Vio juga hebat mungkin liat anak lain makan sendiri jadi langsung aja lahap makan sop+nasi nya. Biasanya di rumah sih ga begini. bangga banget deh. Mungkin memang lingkungan mempengaruhi yah.
Ada beberapa anak yg jalan2 saat makan, sama Miss nya diarahkan buat kembali ke meja dan selesaikan makan. Vio juga gitu... liat kasur (memang ada kasur kecil di kelas buat anak2 yg dateng masih bobo) langsung deh mau injek2.
Selesai maka mereka cuci tangan lagi dan membereskan meja. Kalau ada remah2 di meja atau lantai harus disapu pakai sapu kecil itu.


Dan dari segi Miss nya, Mami Vio kagum sama Miss di sini, semua sabar dan ramah. 1 kelas ada 3 Miss (Miss Mawar, Miss Yosi, 1 lagi lupa namanya) dan 1 Miss koordinator (Miss Uren). Miss koordinator ini memang terlihat galak yah, tapi bukan galak yg jahat tapi lebih ke arah tegas. Dan murid2 nya pun tidak terlihat patuh karena takut. Mereka patuh karena memang seperti tiulah aturannya. Contohnya ada yg gamau makan sendiri dan maunya digendong. Miss dengan tegas bilang bahwa boleh dipangku tapi ga digendong. Boleh diusuapin awal2nya aja.
Bahasa Inggris mereka memang sederhana dan mudah dimengerti anak2. Karena Vio belum terbiasa dengan bahasa Inggris mereka ngomong sambil pake bahasa tubuh juga. Jadi sedikit banyak Vio ngerti. Kadang Mami terjemahin juga ke Vio. Suara mereka juga lantang pas nyanyi, semangat pas ikutin irama lagu.


Hari kedua Vio dapet jadwal yg pagi jam 8.30-10.00. Sekali lagi karena Mami Vio kira jalanan akan macet karena jam kerja, Mami Vio berangkat 2 jam sebelumnya dannnn kepgian lagi. Kali ini 30 menit aja udah sampai di sekolah. Malah sekolahnya masih tampak sepi. Vio sih untungnya pules tidur.
Hari kedua ini anak2 di kelas lebih banyak jumlahnya mungkin sekitar 10 lebih. Dan ada beberapa yg usianya sdah akan masuk ke Kinder. Hari kedua Vio lebih enjoy..udah berani berdiri nari2, merangkak, liat Miss nya jelasin.
Urutan ritual paginya sama, berdoa-brain gym-nyanyi. Setelah sesi nyanyi2, anak2 main di playground. Setelah itu makan snack/buah. Buah disediakan dari sekolah tapi kalau ortu mau bawain buah sendiri juga boleh. Kemarin itu buahnya apel. Menurut Mami Vio sih potongannya agak terlalu besar :) tapi entah karena Vio yg mulutnya ga biasa makan yg besar atau gimana. Rata2 anak2 disana sih bawa snack sendiri. Ada yg roti, nasi, dll. Oiya di sekolah ini diwajibkan bawa makanan sehat alais ga boleh junkfood atau snack yg tinggi gula/MSG. Hmm pe er besar buat Mami2nya nih.


Di hari kedua ini, ada beberapa anak yg masih nangis2 ditinggal mamanya. Emang kata Miss nya ada beberapa anak yg ga bisa cepet ditinggal. Penanganannya sih menurut Mami Vio bagus yah. Ortunya masih boleh nemenin dulu. Pelan2 ditinggal trus biarpun masih nangis2 sama Miss nya dibujuk dan dihibur. Bahkan teman2nya bantu hibur yg nangis. Lucu banget deh anak yg lebih kecil bisa hibur anak yg lebih besar :) Vio juga sempat sayang2 yg lagi nangis.


Hari ini Miss Uren jelasin tentang dragonfly. Sampe bawa dragonfly dari karet lho..bener2 mirip aslinya. Jadi anak2 bisa pegang dan sentuh. Vio sih langsung bilang capung dan sama Miss nya diralat dragonfly :)
Penjelasannya singkat dan jelas. Dan beberapa kali pertanyaannya diulang (kayaknya kalo anak2 emg mesti diulang2 yah). Anak2 sih terlihat mengerti sama apa yg dijelaskan. Penjelasan ini kurang lebih hanya 10 menit. 


Dari 2 hari trial bisa disimpulkan :
- dari tempatnya OK banget, bersih, luas, teratur.
- Miss nya kooperatif, ramah, dan tegas serta terlihat sabar menghadapi kelakuan anak2 yg beragam
- Jam masuk dan berakhir kelas sesuai, kayaknya semua sekolah masuk kurang lebih jam segitu (Vio aja nih yg jam bobo nya nanggung) dan jam selesainya pas snack time atau lunch time,menghindarkan anak kelaparan di kelas
- Sistem belajarnya seru dan sesuai dengan usia anak2 
- Mainannya banyak dan bersih
- Buku2nya banyak variasinya
- Sayangnya jauh dari rumah
- Biayanya termasuk mahal (atau segini wajar karena Mami Vio blom tau aja sekolah lain gimana)


Biaya untuk Nursery Class:
Monday-Friday = 6jt / 3 bulan
Tuesday-Thursday = 3,5jt / 3 bulan
Monday, Wednesday, Friday = 4,5jt / 3 bulan


Lokasi:

Gading Mediterania Residences
Tower B, Unit CB, Ground floor no. 11
Kelapa Gading- Jakarta Utara
INDONESIA
(+62) 21 3004 1011
(+62) 21 3004 1443
global.anak.mandiri@gmail.com









semua gambar diambil dari sini

Review selanjutnya tentang Kidea Tanjung Duren, ditunggu yahh.. :)

6 comments:

  1. ga barusan mau komen "ga kejauhan" begitu liat alamatnya wakakakak :) nanti siapa yang anter jemput klo jauh gitu ?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa...itulah yg jadi kendala....huhuhu pdhl pengen bgt disini :D

      Delete
  2. untuk sekolah yang pakai bahasa pengantar inggris kayanya emang segituan harganya.. kalo yang indonesia doang biasanya spp ga nyampe 800rb perbulannya..

    kirain rumahnya emang daerah gading, hehhee..

    ReplyDelete
  3. rasanya baru aja kemaren liat vio di dalam perut loe mon, sekarang udah mau sekolah, cepat aja mon...

    ReplyDelete
  4. great info untuk yang butuh informasi daycare di kelapa gading...

    Bila anda butuh perbaikan komputer panggilan kelapa gading kunjungi
    http://service-komputer.net atau
    http://service-komputer-panggil.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. kunjungi www.sentragading.com sentra komunitas dan direktori bisnis di kelapa gading atau kunjungi wwww.sentragading.com/forum forum warga, pengunjung dan pelaku usaha di kelapa gading www.sentragading.com/jualbeli pasang iklan gratis di media komunitas kelapa gading

    salam sukes selalu
    treedhe

    ReplyDelete