Friday, February 3, 2012

Calon didikan Montessori

Ibu-ibu blogger tau kan tentang pendidikan berbasis metode Montessori?
Montessori adalah pendidikan yang didasarkan pada sistem yg dibuat oleh Dr.Maria Montessori pada akhir abad ke 19. Metode ini menekankan pada aktivitas fisik anak dan pengawasan langsung oleh guru. Dan lebih menekankan pada motorik kasar sebagai dasar untuk pendidikan selanjutnya.

Waktu Vio masih di perut umur 7 bulanan, Mami Vio sempat ikut seminar tentang Montessori yg doadain oleh sekolah Popay Montessori Kelapa Gading.

Mami seneng banget dengan didikan metode ini. Karena mengutamakan kemauan dan minat anak. Dan yg lebih penting, tidak mendewakan anak lulus TK harus bisa baca tulis. Montessori menekankan pada anak harus lanar dan terlatih dulu motorik kasarnya baru dia bisa ke jenjang berikutnya yaitu belajar baca tulis,berhitung,bahasa. Di Montessori ini anak2 dilatih untuk mahir merangkak,memanjat,jalan mengikuti jalur,keseimbangan,ketangkasan,dan konsentrasi.

Waktu liat video murid2nya serasa liat pendidikan wajib militer yg diikuti batita. Bahkan untuk anak yg sudah mahir ketangkasan seperti itu, terlihat seperti pendidikan di yayasan pembantu rumah tangga. Karena setelah mereka bisa mengkoordinasikan anggota tubuhnya untuk bergerak,mereka harus praktekan di kegiatan sehari2. Kegiatannya tentunya yg menggunakan motorik itu. Seperti nyuci piring, ngepel, nyapu (dengan sapu kecil), potong2 buah (yup umur 3 thn uda dibiarkan pegang pisau), merapikan mainannya, menyusun balok atau mengelompokkan warna dan bentuk, menggunting, menempel, makan sendiri,dll. Dan piring atau gelas yg mereka cuci dari beling lho... hebat!

Intinya juga,semua hal itu pasti akan mereka lakukan nanti di usia selanjutnya. Jadi ini salah satu ekal mereka. Terlalu dini? Ga juga. Karena liat deh umur 3-4 tahun aja anak sekarang uda bisa nyuruh2 mbaknya ambilin minum lah makan lah pakein baju lah. Sedangkan anaknya itu lagi asik maen PSP aau nonton. Padahal kalo itu dia lakukansendiri pasti akab lebih hemat waktu kan,dibanding harus teriak2 dul panggil mbak yg blom tentu langsung dateng.
Anak diajarkan mandiri dan membantu orang laen. Lumayan jg sih bisa bantuin ortunya kalo diinggal pembantu hihihi.

Ada peserta seminar yg anaknya umur 3 thn uda bisa kosek wc. Emang hasilnya pasti masih kacau. Tapi dari gerakan menyikat yg naik trun atau memutar adalah dasar kita unuk menulis huruf2. Tujuannya ya biar otot n sendi kita luwes. Supaya nanti pas nulis lancar.
Anak hasil didikan Montessori ini bisadibilang punya konsentrasi yg tinggi dalan melakukan sesuatu. Khususnya menulis. Akan berbeda dengan anak yg tiba2 harus bisa baca tulis dalam tenggat waktu tertentu.

Memang ada kelemahannya ya mungkin anak lulusan Montessori akan agak susah diterima di SD umum,karena saat ini mayoritas SD mewajibkan muridnya yg masuk harus bisa baca tulis.

Dijelaskan jg bahwa ketika lahir (lebih baik yg lahir normal) syaraf2 tulang belakang bayi langsung 'on' istilahnya begitu bersentuhan dengan jalan lahirnya. Dan ketika itulah semua syarafnya tersambung satu sama lain. Ibarat 1 saklar dinyalain nyambung ke semua lampu.

Oiya, di sini jg diajarin segalasesuatu berdasarkan pengalaman memegang, mencium, meraba, melihat. Jadi ga ada tuh yg gurunya cuma bilang buah strawberry itu warna merah rasanya asam kulitnya bertexture. Gurunya pasti akan membawa buah strawberry beneran. Dan akan dibiarkan anak2 bua memegang merasakan teksturnya dan mencicip rasanya. Jadi begitu anak nantinya mendengar kata strawberr di otaknya akan langsung terbayang rasanya,wanginya,teksturnya. Berbeda kalau dia hanya melihat gambar saja,tidak akan bisa menjelaskan detailnya karena semuanya hanya serba katanya..kata bu guru..kata mama...kata di buku...
Jadi terjawab juga kenapa anak 3 thn bisa lancar pake pisau. Bukan dia disuuh coba ke kulitnya yah pisau itu. Tapi ditunjukin bahwa pisau buat potong kertas atau buah aja bisa putus,apalagi ke tangan. Makanya mereka jd berhati-hati (ini ahak susah yah buat emak parno macam Mami Vio buat kasi kepercayaan kyk gitu). Begitu juga soal setrikaan. Diajarkan bahwa baju aja bisa panas kenasetrika. Apalagi kulit bisa terbakar.
Lucu banget liat anak2 kecil bisa bawa gelas kaca pake nampan tanpa jatuh. Itu butuh konsentrasi dan keseimbangan lho. Kita aja yg udah gede gini kadang suka oleng yah...

Dan diajarkan juga bahwa proses merangkak dan merayap adalah penting buat bayi. Karena dengan gerakan itu syaraf2 di tulang belakang mreka yg beluk tersambung jadi nyambung dan menyalurkan perintah2 dari otak ke seluruh tubuh.
Makanya ada teori yg bilang bahwa anak yg kecilnya ga melalui proses merangkak biasanya gedenya konsentrasi nya kurang. Karena bisa jadi ada bbrp syaraf yg ga maksimal nyambungnya.

Vio sih mau Mami coba2 suruh maen maenan yg melatih motorik kasar. Untungnya Vio memang suka. Seperti dengan sukarela dari umur 11bulan uda rajin nelap meja...setahun uda rajin ngepel lantai, trus demen masukin sedotan ke lubang2 kecil...seneng nyapu, seneng buka tutup botol,dll. Eh ini kayak tanda2 dipekerjakan ortunya yah hehehe.

Jadi sekarang makin giat deh nyari maenan2 yg berguna melatih motorik kasarnya. Browsing sana sini dan coba2 bikin sendiri. Kayak bikin gelas yg dittup pake kertas trus dibolongin buat dimasukin cuttonbud. Vio seru banget kalo uda maen ini...setiap uda semua lubang terisi langsung tepuktangan.

Para ibu muda silahkan kalo mau share tentang maenan seru si kecil yg bisa bikin pinter lho... :)





2 comments:

  1. Hai mon, baru sempet mampir nih :)
    menarik jg ya, kayanya memang klo TK enaknya main2 sih drpd serius belajar :) Moga2 Vio ntar jg makin pinter ya mamamnya...
    Anak2 di JPN yg pada tinggal di daycare biasanya udah pada jago jg makan pake sendok umur 1.5^^ jd biasanya dibiarin gt aja ntar kalo laper baru dia makan sendiri...

    ReplyDelete
  2. ngaruh ya mon ternyata, gilaaaaaaaa PR gua banyak banget buat belajar ginian. tar gua berguru sama mami vio deh.
    itu sekolahnya khusus ya?

    ReplyDelete